// //

Membangun Data Warehouse

Data warehouse memiliki berbagai macam bentuk yang sering digunakan. Jadi sebelum membangun suatu data warehouse kita harus memutuskan bentuk data warehouse seperti apa yang dibutuhkan oleh aplikasi yang kita rancang.
Penerapan awal dari arsitektur data warehouse dibuat berdasarkan konsep bahwa data warehouse mengambil data dari berbagai sumber dan memindahkannya ke dalam pusat pengumpulan data yang besar. Konsep ini sebenarnya lebih cenderung kepada sebuah lingkungan mainframe yang terpusat.

Keunggulan teknologi Client Server memungkinkan data warehouse diterapkan dalam berbagai macam cara untuk menampung kebutuhan pemakai sistem secara lebih proposional.
Dalam suatu kasus, misalkan saja pemakai tertentu perlu menggabungkan data dari sebuah sistem pengumpulan data yang statis dengan data dari sistem operasional yang dinamis hanya dengan sebuah query saja.

Jenis dasar sistem DW :
1. Functional Data Warehouse (Data Warehouse Fungsional)
2. Centralized Datawarehouse (Data Warehouse Terpusat)
3. Distributed Data Warehouse (Data Warehouse terdistribusi)

Materi lebih lanjut dapat diunduh pada

Membangun Data Warehouse(.pdf)

4 comments:

  1. pASWORDNYA APA BUUUU ????/

    ReplyDelete
  2. passwordnya apa ya buuu

    ReplyDelete
  3. yaaah ada passwordnya. jd kurang bermanfaat ni

    ReplyDelete
  4. terkait dengan tema Data Warehouse, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3113/1/IMG_0038.pdf

    ReplyDelete