// //

Boolean Retrieval

Information Retrieval adalah penemuan bahan (biasanya dokumen) yang bersifat tidak tersetruktur (biasanya teks) yang memenuhi sebuah kebutuhan informasi dalam koleksi yang besar (biasanya disimpan dalam komputer)

Information Retrieval juga dapat mencakup jenis lain dari data dan informasi di luar masalah yang ditentukan dalam definisi.  Dimana "data tidak terstruktur" mengacu pada data yang tidak memiliki kejelasan secara semantik terbuka, struktur yang mudah untuk komputer.

Field dari pengambilan informasi juga mencakup dukungan usr dalam browsing atau memfilter koleksi dokumen, atau rangkaian proses yang lebih jauh dari pengambilan dokumen.
Mengingat satu set dokumen, klasterisasi adalah tugas pengelompokkan yang baik dari dokumen berdasarkan pada isinya.
Hal ini mirip dengan mengatur buku di rak buku sesuai dengan topiknya.

Mengingat satu set topik, berdiri kebutuhan informasi atau kategoriyang lain (seperti kesesuaian teks untuk kelompok usia yang berbeda), klasifikasi tugas yang dipecah dalam kelas-kelas. Hal ini serin didekati dengan terlebih dahulu secara manual ,emgelompokkan beberapa dokumen dan kemudian berharap untuk dapat mengklasifikasikan dokumen baru secara otomatis.

No comments:

Post a Comment