// //

Model Relasional

Aljabar relasional merupakan data manipulation language (DML) prosedural karena mensyaratkan agar pemakai menentukan, data apa diinginkan serta bagaimana cara mendapatkannya. 
Aljabar relational berisi kumpulan operasi terhadap tabel, dimana setiap operasi menggunakan satu atau lebih tabel untuk menghasilkan satu tabel yang baru. Dimana lebih bersifat operasional, sangat berguna untuk merepresentasikan eksekusi perencanaan. 

Operasi-operasi Dasar : 

  • selection
  • projection
  • Union
  • intersection
  • set difference
Aljabar relational dapat dibagi dalam 2 kelompok, yaitu : 
  • Operasi yang melibatkan teori set, yaitu UNION, INTERSECTION, DIFFERENCE, CARTESIAN PRODUCT
  • Operasi khusus untuk basis data relasional, yaitu: SELECT, PROJECT dan JOIN.
Jenis Operasi ditinjau dari banyaknya tabel yang digunakan adalah :
  • Operasi Unary terdiri dari selection, projection. Disebut operasi unary, karena dapat digunakan hanya pada satu tabel.
  • Operasi Binary terdiri dari union, intersection, set difference, cartesian product, join dan division. Disebut operasi binary, karena memerlukan sepasang tabel.
1. Selection
Operasi Selection adalah Operasi yang digunakan untuk memilih subset dari tuple-tuple pada suatu tabel. dimana Notasinya adalah : 
σp(t) 

p disebut selection predicate (yang menentukan pemilihan) 
p merupakan formula dari kalkulus perbandingan (proportional calculus) yang berisi terms yang dihubungkan oleh : ^ (and), v (or), ~ (not) setiap term salah satu dari : <atribut> op <atribut> or <konstanta> atau <atribut> op <atribut> dengan op salah satu dari : =, ≠, >, ≥, <, ≤ 

2. Projection
Operasi projection adalah operasi yang digunakan untuk memilih subset dari kolom-kolom pada suatu tabel.
Notasi : 

pA1,A2,…,An(t), 

dimana A1, A2, …, An adalah daftar nama atribut dan t adalah nama suatu tabel. 
Hasilnya dari operasi projection adalah suatu tabel dengan atribut yang tercantum pada daftar nama atribut pada operasi. 

3. Operasi Unin / Gabungan
Operasi union / gabungan adalah Operasi yang digunakan untuk menggabungkan hasil dari beberapa query. 
Notasi : 

r U s

menghasilkan suatu tabel baru yang elemen barisnya merupakan elemen dari r dan s, tidak ada duplikasi data. Untuk r U s harus valid : dimana tabel r dan tabel s harus memiliki jumlah atribut yang sama. 

4. Operasi Intersection
Notasi : 

r n s, 

Operasi intersection menghasilkan suatu tabel baru dengan elemen barisnya merupakan elemen yang terdapat pada tabel r dan elemen tersebut juga terdapat pada tabel s, tidak ada duplikasi data. 
r dan s harus memiliki jumlah atribut yang sama
.



Materi dapat di download di :
MODEL RASIONAL

No comments:

Post a Comment